Sabtu, 25 Agustus 2007

Pentingnya Kolaborasi Inovator ITB dan Pihak Luar

Ini merupakan tanggapan saya atas komentar Pak Suhono di ulir diskusi di milis IA-ITB berkaitan dengan proses riset hingga ke ilir industri.

Saya sangat setuju dengan anda bahwa sudah bukan jamannya lagi riset dilakukan secara tertutup. Biaya riset yang tinggi, prosentase keberhasilan (hasil penelitian yang bisa dipasarkan) yang rendah (tidak lebih dari 10 %), siklus perubahan yang sangat cepat, kompetisi yang kian ketat, langkanya periset yang kompeten, menuntut kolaborasi beberapa organisasi dalam riset dan inovasi.

Perusahaan yang berpikiran maju sudah mulai memplot sumber daya yang ada didalam dan diluar perusahaan kedalam empat bagian penting dari inovasi , yakni inventor, transformer, broker dan financier.

Demikian pula pendekatan R&D bukan lagi periset sendirian mentukan objek risetnya dan setelah riset nya berhasil lalu dicarikan pengembang, investor dan pemasarnya, melainkan sasaran riset ditentukan dengan orientasi potensi kebutuhan pasar dan sejak awal sudah dipikirkan pihak-pihak yang akan menjadi pengembang, investor dan pemasarnya, lebih lanjut kolaborasi sudah dilakukan sejak awal.

Sekali lagi keempat pihak ini tidak terbatas dari dalam organisasi, melainkan berkolaborasi dengan pihak lain yang terbaik dari segi pengalaman dan kepemilikian aset yang dibutuhkan. Dengan demikian bisa diharapkan tingkat keberhasilan riset tinggi, biaya lebih rendah dan time to market yang lebih cepat.

Saya sarankan team squad inovator ITB berkolaborasi dengan pihak-pihak luar yang mengetahui dan punya akses ke pasar serta sumber pendanaan. Hal ini yang ingin saya coba jembatani apabila saya dipercaya menjadi Ketua IA ITB dan berhasil menggalang kekuatan alumni ITB.


2 komentar:

Anonim mengatakan...

Ibu, menurut saya sebaiknya alumni dan mahasiswa ITB diajarkan untuk bersinergi, ini penting sekali menurut saya, karena saya lihat bahwa ITB bukanlah ITB melainkan jurusan. Yang dikembangkan adalah jurusan ini dan jurusan ini tetapi tidak memiliki sistem yang jelas, karena saya melihat bahwa manusia itu bukan superman yang bisa ini dan itu dan saya yakin ibu yang dari arsitek terus mencemplungkan diri ke IBM pasti lebih faham, bahwasanya IBM yang tinggal di dunia IT membutuhkan pemikiran ibu yang hidup di dunia Arsitek. Saya juga pernah "tinggal di dunia yang berbeda" sama seperti Ibu (namun tidak semujur Ibu yang di IBM walapun sama-sama dari arsitek). Kita butuh kebersamaan yang bersinergi... entah nanti yang jadi ketua ibu atau bukan menurut saya itu tidak penting, yang penting ibu mampu mensinergikan ITB yang sejati (bukan jurusan), karena saya tinggal di asrama dan hidup didunia teman2 teknik (arsitek cuma saya sendiri). Hal itu membuka mata saya terhadap sinergi jurusan ITB. "Lupakan" Jurusan dan jadikan ITB satu untuk semua. Karena sehebat2nya manusia itu makhluk yang lemah, sebagaimana Adam membutuhkan Hawa...
Kalau ada kata yang kurang pantas dan tidak berkenan mohon maaf
Selamat Berjuang

Betti Alisjahbana mengatakan...

Saya sangat setuju dengan anda. Dalam dunia nyata, hampir semua situasi membutuhkan sinergi dari berbagai disiplin ilmu.

Salam sukses buat anda