Selasa, 05 Agustus 2008

Mengejar Promosi?

Oleh : Betti Alisjahbana

Banyak orang menginginkan pekerjaan yang lebih besar dan lebih baik dari yang apa yang diembannya saat ini. Bila Anda termasuk di dalamnya, artikel ini untuk Anda. Artikel ini relevan untuk mengejar promosi pertama Anda, maupun untuk promosi-promosi selanjutnya sampai ke puncak karir Anda.

Bagaimanakah seseorang mendapatkan promosinya? Faktor keberuntungankah? Semua karir secanggih apapun itu, ada faktor keberuntungan di sana. Kadang-kadang seseorang ada di posisi yang tepat pada waktu yang tepat, lalu bertemu seseorang dan pintu karir terbuka baginya. Sebaliknya faktor ketidak beruntungan juga bisa terjadi, dimana karir Anda tiba-tiba mandeg karena alasan-alasan di luar kontrol Anda seperti akuisisi atau divestasi. Bisa juga terjadi Anda tidak mendapatkan promosi yang seharusnya karena unsur nepotisme. Kemunduran seperti ini bisa sangat mengecewakan dan membuat Anda putus asa. Jangan putus asa. Dalam jangka panjang masalah keberuntungan atau ketidak beruntungan ini memainkan peranan yang lebih kecil dibandingkan dengan faktor-faktor yang ada dalam kontrol Anda.

Lampaui Ekspektasi, Lakukan Lebih dari yang Diminta dan Perbesar Cakupan Pekerjaan Anda

Selain melampaui target-target yang diberikan pada Anda, usahakan untuk memikirkan konsep-konsep baru agar bukan saja hasil Anda yang akan lebih baik, tapi juga kinerja unit dan perusahaan. Lakukan perubahan dalam pekerjaan Anda sedemikian rupa sehingga membuat orang-orang disekitar Anda bisa bekerja lebih baik dan atasan Anda kelihatan lebih pandai.

Usahakan agar setiap tugas yang diberikan pada Anda melampaui ekspektasi baik dari segi kualitas pekerjaan itu maupun pemikiran-pemikiran lanjutan untuk pengembangannya. Tunjukan melalui hasil kerja Anda, bahwa Anda mempunyai kapasitas lebih.

Tingkatkan Visibilitas

Cara pertama dan terbaik untuk terlihat adalah dengan menhasilkan kinerja yang baik. Di samping itu Anda juga dapat meningkatkan visibilitas dengan menyediakan diri untuk menangani proyek-proyek penting. Bekerja dalam proyek-proyek seperti ini, apalagi yang di dukung oleh manajemen senior, akan memperluas jaringan Anda, memberi kesempatan pada Anda untuk tampil menonjol.

Manfaatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan manajemen senior, termasuk dalam kesempatan-kesempatan informal. Siapkan pertanyaan-pertanyaan cerdas bila sewaktu-waktu anda punya kesempatan untuk berinteraksi dengan manajemen senior. Juga usulan-usulan yang bisa memberikan perbaikan pada perusahaan.

Mintalah pada atasan Anda agar bisa ikut hadir dalam rapat penting misalnya rapat perencanaan strategis. Bila kesempatan itu datang, persiapkan diri Anda baik-baik misalnya saja dengan angka-angka, informasi tentang trend dan kemungkinan-kemungkinan strategi. Ikuti pembicaraan dalam rapat dengan seksama. Ketika ada topik pembicaraan yang Anda kuasai dan Anda punya pendapat, sampaikan pendapat itu, lengkapi pendapat Anda itu dengan data-data yang menunjang. Bila pendapat Anda memang baik, orang akan memberikan komentar bahwa ide Anda baik, dan visibilitas Anda akan meningkat. Bisa juga terjadi orang tidak memperhatikan Anda atau lebih buruk lagi ide Anda dianggap bodoh. Bila ini yang tejadi, gunakan pengalaman ini untuk melakukan persiapan yang lebih baik lagi agar pada kesempatan lain Anda bisa tampil jauh lebih baik.

Cari Mentor dan Sponsor yang Tepat

Mentor dapat memberikan masukan, petunjuk, informasi, dukungan dan navigasi dalam politik organisasi. Mereka seringkali sangat penting untuk kemajuan karir. Topik khusus tentang mentor ini pernah saya bahas dan bisa di baca di http://www.qbheadlines.com/career.php?cat=8&id=79

Dalam pengalaman saya, tidak ada seorang mentor yang tepat, yang ada adalah beberapa orang mentor yang tepat. Saya memiliki cukup banyak mentor sepanjang karir saya, mulai dari eksekutif yang bijaksana dan jauh lebih berpengalaman, rekan kerja dan juga anggota tim yang sering saya mintai pendapat sebelum keputusan besar diambil.

Mentor ada di mana-mana, mereka bisa membantu Anda, gunakan bantuan mereka.

Bangun Jejaring yang Efektif.

Perubahan yang semakin cepat terjadi, termasuk dalam dunia kerja, telah menyebabkan jejaring menjadi semakin penting. Pekerjaan Anda selanjutnya kemungkinan besar akan berasal dari jejaring Anda.

Di dalam artikel saya terdahulu berjudul “Manfaat Jejaring dan Cara Membangunnya” yang dapat di baca di http://www.qbheadlines.com/career.php?cat=8&id=45 telah dibahas tiga macam jejaring : jejaring operasional, jejaring personal dan jejaring strategis. Ketiganya penting untuk dibangun.

Teknologi bisa membantu Anda membangun jejaring, terutama secara international. Internet, email, berbagai sarana untuk membangun jejaring sosial seperti Facebook dan lain-lain penting dimanfaatkan. Sisihkan satu hari dalam satu minggu dimana Anda menggunakan 1 atau 2 jam untuk memelihara jejaring melalui telpon, email dan kegiatan lainnya. Gunakan asosiasi alumni, asosiasi profesi dan organisasi lainnya untuk membangun jejaring.

Kuasai Cara Komunikasi yang Efektif

Persiapan yang baik dalam presentasi, dikusi proposal atau negosiasi sangat penting karena pendapat atau asumsi-asumsi Anda akan diuji. Persiapan yang baik akan mengurangi risiko. Anda perlu tau masalah Anda dengan sangat detil, tidak ada jalan pintas.

Bahasa yang diucapkan dan bahasa tubuh menentukan. Perhatikan intonasi, konten dari diksusi dan bahasa tubuh. Sesuaikan gaya Anda pada para pihak yang diajak berbicara. Untuk membangun ketrampilan komunikasi yang positif dibutuhkan kemampuan empati, yaitu kemampuan menempatkan diri di posisi lawan bicara dan memahami situasinya. Empati tidak berarti setuju dengan pendapat lawan bicara, melainkan bisa melihat kasus dari kaca mata lawan bicara. Dengan demikian, Anda bisa menyesuaikan cara membawakan topik agar bisa dimengerti dan diterima oleh lawan bicara Anda. Dalam komunikasi, bukan apa yang kita sampaikan yang penting, melainkan apa yang di tangkap oleh lawan bicara.

Problem dalam komunikasi adalah salah satu problem utama dalam berbagai organisasi saat ini. Fleksibilitas dan kemampuan untuk beradaptasi dalam hal ini sangat penting untuk memfasilitasi sukses. Komunikasi yang baik menghasilkan saling pengertian, kerja sama tim dan produktifitas yang lebih baik.

Maju Terus Pantang Menyerah

Beberapa promosi didapat karena keberuntungan, tapi tidak banyak. Pada kenyataannya Anda lah yang menentukan keberuntungan Anda. Anda bisa saja berpindah-pindah perusahaan atau bahkan profesi dalam karir Anda. Prinsip-prinsip dasar untuk sukses dalam karir tetap sama : lampaui ekspektasi, perluas cakupan pekerjaan, tingkatkan visibilitas dengan mengerjakan proyek-proyek menantang, gunakan bantuan mentor, bangun jejaring dan kuasai cara komunikasi yang efektif. Ketika ada kemunduran, jangan putus asa, tetaplah maju dengan kepala tegak.

Anda tidak akan selalu mendapatkan promosi yang diinginkan setiap saat, tapi cepat atau lambat, dan seringkali lebih cepat dari yang di duga, Anda akan mencapai sasaran Anda.

Selamat meniti karir, semoga sukses selalu menyertai Anda.

Tanya jawab topik ini bisa dilihat di www.qbheadlines.com, rubrik Career.

1 komentar:

Just For Music mengatakan...

mbak/mas hehehe... blognya pasangi iklan biar dapat duit aku liat di search engine blog saudara lumayan teratas , ni link program bisnis www.kumpulblogger.com yang menyediakan iklan dan kita dapat bayaran