Jumat, 09 Mei 2008

Reksa Dana, Cara Mudah untuk Investasi di Pasar Modal

Oleh : Betti Alisjahbana

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas secara detil berbagai instrumen investasi seperti saham, properti dan obligasi. Kendala yang sering dihadapi investor untuk berivestasi pada instrumen-instrumen tadi biasanya keterbatasan pengetahuan, informasi dan waktu. Reksa dana merupakan jawaban bagi kendala itu. Mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 1995, reksadana berkembang pesat di tahun 1996.

Apakah Reksa Dana Itu?

Reksa dana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Reksa dana dibentuk oleh manajer investasi dan bank kustodian melalui akta Kontrak Investasi Kolektif (KIK) yang dibuat notaris.

Manajer investasi akan berperan sebagai pengelola dana investasi yang terkumpul dari sekian banyak investor untuk diinvestasikan kedalam portofolio efek, seperti deposito, SBI, obligasi, dan saham.

Bank kustodian akan berperan dalam penyimpanan dana atau portofolio milik investor serta melakukan penyelesaian transaksi dan administrasi reksa dana.

Reksa dana merupakan sarana investasi bagi investor untuk dapat berinvestasi ke berbagai instrumen investasi yang tersedia di pasar. Melalui reksa dana, investor sudah tidak perlu repot mengelola portofolio investasinya sendiri.
Manfaat Reksa Dana

* Akses ke instrumen investasi yang beragam.

* Pengelolaan portofolio investasi yang profesional oleh manajer investasi dan bank kustodian

* Diversifikasi investasi dengan biaya yang rendah. Melalui dana yang terkumpul dari sekian banyak investor, reksa dana dapat berinvestasi ke berbagai jenis instrumen dari berbagai perusahaan.

* Likuiditas yang relatif tinggi. Dalam kondisi normal, reksa dana dapat dibeli dan dicairkan (dijual kembali) setiap hari kerja.

* Potensi hasil investasi yang tinggi dalam jangka panjang.

* Bebas pajak

Jenis-jenis Reksa Dana

Ada empat jenis reksa dana yang dapat dimanfaatkan investor. Masing- masing dibedakan menurut alokasi jenis investasi yang dilakukan.

* Reksa Dana Pasar Uang, berinvestasi 100% kedalam efek pasar uang. Efek pasar uang adalah efek utang yang jatuh temponya kurang dari satu tahun (SBI, deposito, obligasi dengan sisa jatuh tempo kurang dari satu tahun)

* Reksa Dana Pendapatan Tetap, berinvestasi minimum 80% pada efek utang, umumnya pada obligasi.

* Reksa Dana Saham, berinvestasi minimum 80% pada efek saham.

* Reksa Dana Campuran, berinvestasi pada kombinasi efek utang dan efek saham dengan alokasi yang tidak dapat dikategorikan pada ketiga jenis reksadana di atas.

Keempat jenis reksa dana di atas memiliki karakteristik keuntungan dan risiko yang berbeda, yang meningkat dengan urutan mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham.


Beberapa Istilah dan Informasi Penting

UP = Unit Penyertaan, adalah bukti satuan kepemilikan reksa dana, yang diperoleh investor ketika melakukan pembelian reksa dana. Harga setiap UP ditentukan oleh Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksa dana tersebut.

NAB = Nilai Aktiva Bersih, yaitu nilai aktiva reksa dana setelah dikurangi kewajiban reksa dana tersebut. Dalam setiap pengelolaan reksa dana, setiap Manager Investasi diharapkan dapat selalu meningkatkan kinerja NAB reksa dana kelolaannya.

Nilai Keuntungan Investasi Reksa Dana adalah selisih harga penjualan per unit NAB dikurangi harga pembelian NAB per unit, dikurangi dengan biaya-biaya.

Biaya-biaya Investasi Reksa Dana harus dipertimbangkan sebelum melakukan investasi. Informasi biaya-biaya ini bisa dilihat dalam prospektus masing-masing reksa dana. Jenis-jenis biaya yang umumnya ada :

  • Subscription Fee, yaitu biaya yang harus dibayar pada saat membeli reksa dana. Besarnya sekitar 0-3%.

  • Redemption Fee, yaitu biaya yang harus dibayar pada saat menjual reksa dana, besarnya sekitar 0.5-2%. Untuk masa investasi 2 tahun atau lebih, redemption fee ini 0 %. Beberapa Manager Investasi menerapkan 0 % redemption fee untuk masa investasi diatas 6 bulan dan 1 tahun.

  • Management Fee, yaitu biaya untuk pengelolaan investasi Anda, besarnya sekitar 1.5-2.5 % per tahun.

  • Custodian Fee, yaitu biaya administrasi pengelolaan reksa dana, besarnya 0-0.25 %.

Prospektus Reksa dana, berisi informasi/keterangan mengenai reksa dana yang di tawarkan. Prospektus ini berisi antara lain :

* Fakta-fakta seperti : tanggal efektif, bentuk, tujuan dan kebijakan, komposisi investasi

* Unit Penyertaan, NAB, Biaya-biaya, jumlah minimum pembelian

* Manajer Investasi

* Bank Kustodian

* Faktor-faktor resiko

* Tata Cara & Persyaratan Pembelian Unit Penyertaan

* Pendapat Akuntan dan Pendapat dari segi hukum

* Dan lain-lain

Dimana Bisa Membeli Reksa dana? Reksa dana bisa dibeli melalui agen penjualnya.

Beberapa saya tampilkan sbb :

* Reksa dana dari Fortis : ABN Amro Private Bank, American Express,Citibank, Commonwealth, Danamon, DBS, Deutche Bank, HSBC, Lippo, Niaga, Permata, Standard Chartered.

* Reksa dana dari Schroders : Citibank, Commonwealth, Standard Chartered, HSBC, DBS, ABN Amro, Mandiri, Niaga, Permata, Lippo, Danamon, BII, UOB Buana.

* Reksa dana dari Danareksa : Sentra Investasi Danareksa atau bank : ABN Amro, BII, BCA, Commonwealth, Danamon, Lippo, Mandiri, Niaga, Permata, Standard Chartered.

Berapa nilai minimum pembelian reksa dana? Dengan dana Rp. 200.000 Anda sudah bisa mulai berivestasi di pasar modal melalui reksa dana.

Bagaimana cara memantau kinerja suatu reksa dana? Kinerja suatu reksa dana dapat dipantau setiap hari dengan melihat pergerakan NAB nya di media seperti Koran Tempo dan Bisnis Indonesia. Pada laporan itu kita bisa melihat informasi sbb :

*Nilai Aktiva Bersih per unit (NAB)
*Hasil Investasi dalam :

* 30 hari terakhir

* 1 tahun terakhir

* Riil 1 tahun terakhir (setelah dikurangi biaya-biaya)

Penutup

Kemudahan, diversifikasi, keuntungan jangka panjang yang tinggi serta bebas pajak adalah hal-hal yang membuat reksa dana sangat menarik. Namun demikian harap diingat bahwa reksa dana tidak di jamin dan memiliki resiko. Oleh karena itu, investor reksa dana perlu memahami informasi detil tentang reksa dana yang dapat dipelajari melalui prospektus reksa dana. Investor harus membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan berinvestasi melalui reksa dana.

Selamat ber-reksa dana
Salam hangat penuh semangat.

Referensi :

Berwisata ke Dunia Reksa Dana, Eko P. Pratomo

http://www.fortisinvestments.co.id/index.asp?pgindex=1

http://www.danareksa.com/home/index_produk.cfm?act=reksadana

http://www.schroders.com/indonesia/home/

http://www.reksadana-manulife.com/

Tanya jawab topik ini bisa dilihat di www.qbheadlines.com, rubrik Investment.

14 komentar:

Merry Magdalena mengatakan...

Trims ya Mbak sharing infonya. Semoga kelak saya bisa mulai menyisihkan income untuk mulai berinvestasi di reksa dana. Info ini sangat membantu.

ashari mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
ashari mengatakan...

nformasi yang sangat membantu pemahaman saya atas Reksa Dana sebagai alternatif pilihan investasi. Reksa Dana Saham sepertinya memberikan tawaran investasi yang sangat menarik, memberikan NAB yang kemungkinan lebih besar di atas jenis Reksa Dana lain dan mempunyai resiko yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan investasi saham secara langsung. Terima kasih Mbak atas sharingnya.

Wealth Seminar Review mengatakan...

Kapan waktu yang tepat untuk membeli reksadana ?

Betti S mengatakan...

Merry & Ashari, Terima kasih atas komentarnya. Selamat mencoba. Semoga sukses.

Jawaban untuk Wealth Seminar Review :
Salah satu kelebihan dari Reksadana adalah Anda bisa menyerahkan pengelolaan investasi Anda pada Manajer Investasi yang memang di bayar untuk mengelola dana investasi yang telah berhasil dikumpulkan. Oleh karenanya, kapan waktu yang tepat untuk membeli reksadana tidak sesensitif bila Anda melakukan investasi langsung.

Namun demikian untuk memaksimalkan hasil investasi, berikut ini adalah beberapa hal yang patut dipertimbangkan :

Tentukan tujuan investasi dan jangka waktu investasi yang Anda inginkan untuk menentukan reksadana jenis apa yang paling tepat untuk Anda.
Jika Anda membutuhkan dana investasi Anda dalam waktu dekat, maka Reksadana Pasar Uang adalah pilihan yang tepat.
Untuk reksadana pasar uang, karena sifatnya yang beresiko rendah, jangka pendek, dan tidak dikenakan subscription fee, Anda bisa beli dan jual reksadana ini kapan saja.
Apabila Anda akan berinvestasi di Reksadana Saham dan Campuran, perhatikan pergerakan IHSG (indeks harga saham gabungan). Biasanya IHSG memberikan gambaran umum arah pergerakan NAB. Beli lah saat IHSG mulai menunjukan tanda-tanda grafik naik, karena NAB biasanya akan mengikuti. Beberapa perusahaan sekuritas memberikan prediksi pergerakan IHSG di media seperti koran Bisnis Indonesia. Informasi tentang arah pergerakan IHSG ini dapat digunakan sebagai petunjuk waktu yang tepat untuk membeli reksadana.

Selamat berinvestasi.

Salam hangat penuh semangat
Betti Alisjahbana
http://QBheadlines.com/

paddi mengatakan...

berapa dana minimal untuk melakukan investasi di Reksadana?

Betti Alisjahbana mengatakan...

Masing-masing reksa dana berbeda, tapi umumnya dengan Rp. 500.000 Anda sudah bisa memulainya.

Salam hangat penuh semangat
Betti Alisjahbana
http://QBheadlines.com/

WPRL mengatakan...

Thanks buat sharingnya ya bu :-D

Anonim mengatakan...

[url=http://www.ganar-dinero-ya.com][img]http://www.ganar-dinero-ya.com/ganardinero.jpg[/img][/url]
[b]Queres ganar dinero desde tu casa y buscas informacion[/b]
Hemos hallado la mejor guia en internet de como trabajo casa. Como nos ha sido de utilidad a nosotros, tambien les puede ser de utilidad a ustedes. No son unicamente metodos de ganar dinero con su pagina web, hay todo tipo de metodos para ganar dinero en internet...
[b][url=http://www.ganar-dinero-ya.com][img]http://www.ganar-dinero-ya.com/dinero.jpg[/img][/url]Te recomendamos entrar a [url=http://www.ganar-dinero-ya.com/]Ganar-dinero-ya.com[/url][url=http://www.ganar-dinero-ya.com][img]http://www.ganar-dinero-ya.com/dinero.jpg[/img][/url][/b]

Anonim mengatakan...

bagaimana menghitung keuntungan di reksa dana pasar uang karena NAB nya selalu 1.ooo?kapan sebaiknya kita menjual?

muslih mengatakan...

apa syarat untuk bisa ikut reksadana?

Anonim mengatakan...

investiranje [url=http://www.altainvest.info]altainvest[/url]

zalinah aruf mengatakan...


KISAH NYATA…………..
Ass.Saya IBU SRI HASTUTI.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
Dimas Taat Pribadi di nmr 085210575970 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

Pesugihan Instant 10 MILYAR
Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
dll

Syarat :

Usia Minimal 21 Tahun
Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

Proses :

Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
Harus siap mental lahir dan batin
Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
Pada malam hari tidak boleh tidur

Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
Ayam cemani : 2jt
Minyak Songolangit : 2jt
bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

Prosedur Daftar Ritual ini :

Kirim Foto anda
Kirim Data sesuai KTP

Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

Kirim ke nomor ini : 085210575970
SMS Anda akan Kami balas secepatnya

Maaf Program ini TERBATAS .

Sell Tiket mengatakan...

Baru dari selltiket.com,
untuk semua agen selain anda
bisa menjual tiket pesawat dan tiket kereta api
sekarang anda juga dapat melakukan pembayaran :
PLN, Pembelian pulsa, Pembayaran Telkom,
pembayaran multifinance ADIRA, BAF, MAF, MEGA WOM.
Gabung sekarang juga di http://agen.selltiket.com