Minggu, 29 Juni 2008

Oleh: Betti AlisjahbanaDaya Tarik Transaksi Saham Secara Online

Oleh: Betti Alisjahbana

Beberapa pertanyaan tentang apakah di Indonesia sudah bisa bertransaksi saham secara online dilayangkan pada saya. Pertanyaan ini datang dari beberapa pembaca yang saat ini tinggal di Luar Indonesia. Juga beberapa pembaca di Indonesia menanyakan apa saja syarat-syaratnya, bagaimana cara ber transaksi saham secara online dan siapa saja penyedia jasa transaksi online.

Bertransaksi secara online adalah salah satu kegiatan investasi rutin saya, baik untuk saham-saham di Indonesia maupun saham-saham di Australia. Dulu saya juga melakukannya untuk saham-saham di Bursa New York, akan tetapi yang ini sudah lama saya hentikan karena hasil investasinya tidak sebaik di Indonesia dan di Australia.

Bertransaksi secara online memang sangat praktis dan nyaman, khususnya bagi para profesional yang mempunyai pekerjaan tetap, sehingga berinvestasi hanya bisa dilakukan pada jam-jam senggang. Melalui Internet, kita bisa melakukan riset saham, mengambil keputusan jual atau beli dan memasukkan instruksi tersebut kapan saja, 24 x7. Transaksinya sendiri akan dilaksanakan oleh sistemnya pada jam kerja bursa saham. Praktis kan?

Fleksibilitas juga didapatkan dalam mengakses portfolio, status order dan posisi rekening sewaktu-waktu selama 24 Jam. Informasi tentang pasar modal, riset saham harian, analisa teknikal, rekomendasi bahkan rumor diberikan secara cukup lengkap dan cuma-cuma di tempat saya bertransaksi.

Apa Bedanya Transaksi Online dengan Transaksi Biasa?

Transaksi Saham Online menggunakan media internet. Anda menempatkan order jual belil saham melalui situs web dan secara otomatis order akan dikirim oleh sistem remote trading ke perdagangan di Bursa Efek Jakarta.

Dengan kata lain order Anda langsung terhubung ke JATS (Jakarta Automatic Trading System). Anda dapat melakukan penjualan, pembelian maupun pembatalan, seperti layaknya perdagangan saham konvensional.

Di bawah ini saya tampilkan perbedaan antara transaksi online dan transaksi biasa. Data ini saya ambil di tempat saya bertransaksi. Perusahaan sekuritas lain tentu bisa berbeda.

Transaksi Online Transaksi Biasa
Cara Bertransaksi Lewat Internet Lewat AO
Komisi Broker Lebih Rendah, sekitar 0.25 % beli dan 0.35 % jual Biasanya Lebih Mahal karena menggunakan jasa AO
Komisi Transaksi Minimum Lebih Rendah, sekitar Rp. 50.000 Lebih Tinggi, sekitar Rp. 100.000
Biaya Bulanan Lebih Rendah, sekitar Rp. 100.000 Lebih Tinggi, sekitar Rp. 200.000
Informasi Riset Lewat e-mail, atau riset sendiri di internet. Lewat e-mail dan telpon AO
Informasi Status Order & Komposisi Portofolio SMS, e-mail, web. Bisa dilihat dengan mudah kapan saja 24X7
Telpon AO
Pembayaran Transaksi Untuk Pembelian dipotongkan dari dana yang sudah Anda sediakan di rekening. Dana penjualan saham bisa langsung dibelikan saham lagi tanpa menunggu T+3 Pembayaran dan Dana hasil jual bisa digunakan setelah T+3

Amankah Bertransaksi Secara Online?

Transaksi saham on line seperti juga internet banking harus menerapkan standard pengamanan yang tinggi untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Contohnya e-Samuel.com menggunakan sistem enkripsi SSL (Secured Socket Layer) protocol 128bit yang sertifikasinya dikeluarkan oleh Verisign serta menggunakan CheckPoint Firewall-1 3DES untuk keamanan akses ke jaringan (Network Access Security).

Perusahaan Jasa Keuangan umumnya melakukan Security Assessment secara teratur, demikian juga Audit yang meliputi aspek teknis dan operational seperti security policy, prosedur dan sebagainya.

Bagaimana Cara Mendaftarnya ?

Proses pendaftaran umumnya cukup sederhana. Anda akan diminta untuk mengunduh formulir dari situs web, mengisi formulir tersebut dan mentransfer sejumlah dana minimum ke rekening yang sudah ditentukan. Anda kemudian akan mendapatkan Client Code dan kata sandi sementara yang kemudian bisa Anda ganti. Setelah itu Anda sudah dapat bertransaksi. Pengalaman saya seluruh proses ini makan waktu kurang dari 1 minggu.

Bagaimana Cara Bertransaksi ?

Umumnya penyedia jasa transaksi online menyediakan demo transaksi secara online di situsnya yang akan membantu Anda untuk mempelajarinya. Juga ada layanan bantuan bertransaksi lewat telpon.

Berikut ini adalah langkah-langkah standar dalam melakukan transaksi online yang saya terapkan :

  • Membaca Daily Economic Review, sebuah dokumen sepanjang 1 halaman yang berisi indikator-indikator ekonomi seperti nilai tukar mata uang, masalah politik dan ekonomi yang bisa mempengaruhi sentimen pasar.
  • Membaca Riset Saham dan Daily investment Guide., sebuah dokumen sepanjang 1 halaman yang berisi tindakan-tindakan yang dilakukan emiten yang akan mempengaruhi pergerakan saham. Juga analisa harga dan pergerakan harga saham. Daily Economic Review dan Daily Investment Guide adalah dokumen yang saya terima melalui e-mail setiap hari dari penyedia jasa transaksi saham online.
  • Melihat status portofolio saham saya secara online. Saham-saham mana yang memberikan keuntungan banyak, mana yang kinerjanya buruk.
  • Melakukan analisa terhadap 2 atau 3 saham yang menarik perhatian saya.
  • Ketika saya sudah memutuskan untuk membeli atau menjual suatu saham, maka berikut ini adalah langkah-langkah selanjutnya :

  • Masuk ke menu place order.
  • Memasukkan kode saham dan melihat harganya saat ini secara online.
  • Memasukkan jumlah saham yang akan dibeli atau dijual.
  • Memasukkan pada batas harga berapa saya ingin membeli atau menjual saham tersebut.
  • Melihat total harga setelah dikalikan jumlah sahamnya.
  • Mengkonfirm ordernya.
  • Setelah mendapat pesan bahwa order saya diterima, saya bisa keluar dari sistem dan melakukan pekerjaan saya yang lain.
  • Sementara itu order saya diproses melalui remote trading system langsung ke Jakarta Automatic Trading System.
  • Pada saat order saya telah selesai terlaksana maka saya akan mendapatkan konfirmasi lewat sms dan e-mail.

  • Selain memberi fasilitas transaksi jual dan beli, situs jasa transaksi saham online juga menyediakan menu-menu :

  • Melihat Status Portofolio
  • Melihat status order
  • Melihat status uang cash Anda
  • Melihat aktifitas uang cash Anda
  • Mentransfer uang keluar
  • Melihat rumor di pasar bursa

Praktis, Fleksibel, Rahasia dan Murah

Bertransaksi saham secara online memang sangat cocok bagi mereka yang mempunyai waktu terbatas dan ingin melakukan transaksi pada waktu-waktu senggangnya. Transaksi cara ini juga biayanya lebih murah karena lebih sedikit menggunakan dukungan administrasi manusia dan karenanya pula memberikan privasi yang lebih tinggi pada Anda. Anda diberikan informasi berbagai riset dan rekomendasi jual/beli, tapi selanjutnya terserah Anda untuk mengambil keputusan, tanpa pengaruh dan nasihat AO.Kalau Anda tertarik silahkan mencoba.

Salam hangat penuh semangat.

Beberapa Link Untuk Melakukan Transaksi Saham Online

https://trading.e-samuel.com/

http://etradinggallery.com

2 komentar:

Anonim mengatakan...

bagaimana cara membeli saham di bursa australia?

Aryanto mengatakan...

Menurut anda, apakah beresiko tinggi untuk Valas dan komoditi ?