Jumat, 08 Januari 2010

Perubahan adalah Peluang Bisnis

Wirausaha yang sukses umumnya tajam melihat peluang usaha. Pada artikel sebelumnya, penulis sudah membahas 3 cara menciptakan peluang bisnis. Kali ini penulis akan membahas menciptakan peluang bisnis dari suatu perubahan.

Kondisi yang stabil biasanya sangat disukai oleh perusahaan mapan. Mereka telah memiliki produk, jasa, dan operasi yang bagus yang cocok untuk kondisi ini. Model bisnisnya pun sudah terbukti berjalan dengan baik, punya pelanggan yang setia dan tim yang berpengalaman.
Perubahan, baik itu perubahan demografi, ekonomi, politik, sosial budaya, teknologi, atau peraturan, bisa mengakibatkan pergeseran selera, struktur biaya, model bisnis, tenaga ahli yang dibutuhkan maupun cara menjual. Seringkali perusahaan baru bisa lebih lincah di dalam mengambil kesempatan pada perubahan ini. Karenanya perubahan memberikan kesempatan bagi pendatang baru untuk bisa bersaing dengan lebih seimbang dengan pemain mapan.

Contoh pendatang baru yang memanfaatkan perubahan ekonomi sebagai peluang adalah pabrik mobil di Jepang. Krisis minyak di tahun 1973 menciptakan kebutuhan mobil hemat bahan bakar di seluruh dunia. Mobil-mobil Amerika yang ketika itu merajai pasar, bertahun-tahun berfokus pada mobil-mobil bertenaga tinggi dan mesin besar. Jepang ada di posisi yang lebih baik untuk memanfaatkan perubahan ini dan bisa masuk ke pasar global, terutama Amerika Serikat, karena memiliki mesin-mesin yang lebih kecil yang didesain untuk menggunakan bahan bakar dengan lebih efisien. Karena mobil-mobil Jepang sudah ringan, mereka adalah yang pertama yang bisa menggunakan material yang inovatif, seperti plastik dan lempeng baja tegangan (tarik) tinggi, untuk mengurangi berat lebih jauh lagi. Sejak itu mobil-mobil Jepang mendominasi dunia.

Amazon.com adalah pendatang baru yang menjadi besar dengan memanfaatkan perubahan di bidang teknologi. Didirikan di tahun 1994, Jeff Bezos memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan peningkatan jumlah pengguna internet untuk menjual buku secara online. Kini tidak hanya buku yang dijual di sana, melainkan juga CD, Firm, perangkat lunak, peralatan elektronik, video games, mainan anak dll. Lebih jauh lagi, Amazon.com lalu menarik perusahaan lain untuk memasarkan produknya secara online di Amazon.com. Perusahaan seperti Target, Toys R Us, Old Navy dan masih banyak lagi menjual produknya di sana. Kini Amazon.com adalah salah satu retailer terbesar di Amerika.

Perubahan lain yang bisa menjadi peluang di antaranya adalah perubahan demografi, seperti median umur, rasio laki-laki dan perempuan, jumlah yang bekerja dibanding total penduduk, dan lain-lain. Kini, semakin banyak perempuan yang mempunyai karir yang menyebabkan waktu yang tersedia untuk memasak menjadi lebih singkat. Beberapa perusahaan memanfaatkan perubahan ini dengan menawarkan berbagai masakan instan, yang kini menjadi sahabat para perempuan sibuk.

Artikel ini sudah memberikan contoh perusahaan yang memanfaatkan perubahan ekonomi, teknologi dan demografi sebagai peluang. Bila mereka bisa, tentu kita pun bisa. Mari kita mulai mengamati perubahan yang terjadi disekitar kita dan melihat apakah ada peluang bisnis yang bisa kita manfaatkan di sana.

Selamat menciptakan peluang dari perubahan.

Salam hangat penuh semangat

Betti Alisjahbana
http://www.qbheadlines.com/ A Leadership & Entrepreneurship Portal

2 komentar:

dono mengatakan...

saya setuju, setiap perubahan yg ada memang peluang bisnis bagi yang jeli

toko mebel mengatakan...

saya juga sudah memanfaatkan peluang dengan adanya tehnologi. menjual mebel secara online. ini baru dimulai. semoga dapat sukses dikemudian hari.