Selasa, 18 September 2007

Cerita di Balik Sebuah Simbol

Oleh : Andrianto Soekarnen (FI 90)

Ketika pertama kali bergabung dengan tim sukses Mbak Betti, saya danbeberapa teman yang bergerak di bidang desain dan advertising.
Pertama-tama berpikir kita membutuhkan sebuah simbol (atau logo) yangmudah diingat, diimplementasikan, dan terutama dapat mewakili sertamengikat para pendukung dan simpatisan Mbak Betti.
Simbol berbentuk dua buah hati Vote for Betti adalah hasil karya Yaya(DesProd 93). Ia memiliki dua tujuan utama; yakni berperan mengikat seluruh pendukung dan simpatisan Mbak Betti dan juga sebagai saranamengekspresikan diri.
Ini terilhami filosofi kampanye dan rencana kepengurusan IA ITB dari Mbak Betti yang menekankan unsur partisipatif dan peran aktif (serta kreatifitas) para anggota.
Selain dasar gagasan di atas, ada beberapa ciri khas dari kampanye danprogram Mbak Betti yang kemudian coba kami cerminkan dalam simboltersebut.

Pertama: Mbak Betti adalah orang yang mendengarkan aspirasi paraalumni ITB. Ia tidak membuat program yang langsung jadi dan ditawarkankepada para alumni. Sebaliknya, Mbak Betti melakukan pendekatan kepada orang-orang terlebih dahulu. Ia mengaktifkan diri di milis-milisuntuk mengetahui apa yang diharapkan para alumni. Ia juga mengadakanberbagai dialog temu muka. Dari situ, secara perlahan, konsep dari program Mbak Betti terbentuk.Bentuk dua hati (besar dan kecil), bila dibelah dan dipisahkan, akanmenunjukkan bentuk telinga yang berarti mendengar.

Kedua: Mbak Betti menyadari alumni ITB demikian beragam. Dari segiprofesi; alumni ITB bekerja sebagai desainer, insinyur, ahli IT,dosen, peneliti, arsitek, jurnalis, komikius, marketer, sales, manajer investasi, scriptwriter, artis, aktivis LSM, dan masih masih banyaklagi. Dari segi akademik sendiri, ITB mencetuskan diri sebagai universitas yang mendalami teknologi, sains, seni, dan jugabisnis.
Dari segi lokasi, alumni ITB tersebar. Ada yang di Bandung,Jakarta, Surabaya, Batam, Kalimantan Timur, Singapura, Dubai, Manhattan, Alaska, di sebuah rig di tengah laut lepas, dan sebagainya.Masih banyak perbedaan-perbedaan lain. Karena itu, program dan tim kampanye Mbak Betti berupaya keras mencerminkan karagaman tersebut. Tagline Sinergi Dalam Keragaman mencerminan upaya tersebut.
Dalam hal simbol, sengaja simbol Vote for Betti tidak memiliki warna pasti.Setiap pendukung bebas menggunakan warna kesukaannya. Juga, simbol tersebut tidak harus dipasang dengan arah yang pasti (tegak). Orang boleh memakainya secara terbalik (diputar 180 derajat) dan sebagainya. Simbol tersebut juga didisain agar cocok untuk tua-muda,l aki-laki-perempuan, besar-kecil, dan sebagainya.

Ketiga: Mbak Betti adalah orang yang komunikatif. Ia menekankanprogramnya pada rasa memiliki daripada para anggota. Sifat kampanyenyamengajak. Ia adalah pemimpin yang mudah diakses. Alamat emailnya mudahdidapat. Ia juga berkomunikasi melalui blog yang dikelolanya sendiri. Dalam hal ini, pendekatan yang dilakukan Mbak Betti adalah pendekatandengan hati, sesuai dengan simbol yang kini menjadi tema kampanyenya. Kita tahu, keberhasilan sebuah organisasi tak semata didasarkan padaprogram. Ia juga bergantung pada energi (waktu) yang diberikan, sifat kepemimpinan dan gaya manajemen yang diterapkan pemimpim.

Keempat: Sebagai profesional, Mbak Betti dikenal ahli dalam hal inovasi. Perusahaannya, IBM, tak hanya inovatif melahirkan produk barutetapi juga sangat mahir dalam menciptakan bisnis baru(inovasibisnis). Pola kerjanya jauh dari sekedar mengikuti manualbook. Ia bisa diajak berpikir out of the box. Kampanye yang dilakukanMbak Betti mencerminkan sifat inovatif tersebut. Dalam kampanyenya, Mbak Betti berusaha untuk konstruktif: kampanye dengan berbagi pengalaman dalam seminar, insight mengenai alumni melalui berbagai voting, sharing ide dan konsultasi karir. Pendekatan seperti ini telah membuahkan partisipasi yang luar biasa dari berbagai kalangan. Kehadiran simbol kampanye yang unik ini memberi spirit kepada kampanye yang inovatif itu.

Kelima: Nama Betti berawalan huruf B. Bila simbol hati ini kita taruhdengan kedua tonjolan pada bagian atas menghadap kanan (diputar 90 derajat), kita mendapatkan huruf B. Akhir kata, para pendukung Mbak Betti bebas menggunakan simbol yang telah diciptakan tersebut. Mereka bisa membuatnya sendiri. Lagi pula, sekedar menggambar dua buah hati dapat dilakukan semua orang.
Jadi ekspresikan dirimu!

6 komentar:

CHPStar mengatakan...

Nersama mendapatkan Betti....? Ini suatu power simbol yang sedang dicari oleh pemain R&D baik dari swasta maupun publik.

HASTu W mengatakan...

weh... rupanya serius amat mbak beti ini, sampe2 simbol aja disubkonkan.

btw trims atas kartunya, bagus. merah putih BGT gettu lhoh....

Anonim mengatakan...

halo bu betti.., selamat ya.. semoga sukses jadi ketua IA nya.. saya mendukung dengan doa..

salam untuk pak mario alisjahbana, saya dulu sempat di pinpoint group.

Anonim mengatakan...

To Get Her as chairwoman IA ITB..

mantab neh..

sukses terus buat Mbak Betti..
saya sudah isi pollingnya

Anonim mengatakan...

salam
kami dari IA ITB Kaltim...
punya blog juga...silahkan dikunjungi..

Anonim mengatakan...

jika anda peduli pada b0cah, kami akan dukung anda jadi ketua IA -ITB