Minggu, 23 September 2007

Back to basic : Apa seharusnya peran IA ITB ?

Mengamati berbagai pertukaran e-mail di milis IA ITB, saya berkesimpulan ada spektrum yang sangat luas tentang apa peranan IA ITB. Ada pihak yang melihat IA ITB sebagai organisasi yang tugas utamanya adalah mengurusi kesejahteraan alumninya dan adapula yang melihat IA ITB sebagai organisasi yang harus bisa berkiprah secara signifikan didalam memecahkan masalah-masalah di negara Indonesia.


Untuk mengetahui lebih dalam apa sebetulnya yang diharapkan oleh alumni dari IA ITB, poling saya kali ini adalah :

  • Menurut anda apa seharusnya peran IA ITB ?
  • Menangani kesejahteraan Alumni
  • Menyelenggarakan program-program yang menumbuhkan kekompakan antar alumni dan membangun kecintaan pada ITB
  • Mendukung ITB dalam mewujudkan Visi dan Misinya
  • Menggalang kekuatan Alumni ITB untuk memberikan kontribusi pada Masyarakat Indonesia
  • Semua yang di atas. (Pilihan bisa lebih dari 1).

Apabila kepengurusan IA ITB yad serius menangani hal di atas, apakah anda bersedia secara aktif mendukung ?

    • Ya
    • Tidak


Saya undang anda semua untuk ikut polling di blog saya ini.

Sementara itu dari polling minggu lalu, 69 % peserta polling menyatakan tidak aktif dalam kegiatan-kegiatan IA ITB. Kegiatan yang bermanfaat dan kegiatan yang sesuai minat adalah hal utama yang akan membuat alumni aktif dalam kegiatan-kegiatan IA ITB.

Hasil polling ini serta adanya alumni yang sudah memulai merintis Special Interest Group di bidang Energy membuat saya semakin yakin bahwa pendekatan SIG (Special Interest Group) akan membuat lebih banyak alumni terlibat dalam kegiatan Ikatan Alumni ITB dan membuat IA ITB lebih dimiliki oleh Alumni.

Berikut ini adalah laporan lengkap dari polling minggu lalu.













Salam hangat penuh semangat,

Betti AR/79

5 komentar:

CHPStar mengatakan...

Seyogianya IA ITB berperan besar sebagai stakeholder ITB. Bayangkan Anda sebagai orang IBM mengatakan . . . . Energy. Akan tetapi saya sebagai orang sektor energi itu sendiri mengatakan . . . . Koperasi (Cooperatives). Kenyataannya, saya pribadi sedamg merencanakan Kerjasama Pemerintah dan Pendidikan Tinggi untuk membuka rahasia dagang menjadi industrial design. Tidak kah kita melihat bahwa ini tidak sekedar ABG, tapi kan saya yang mewakili Konsumen dan pengusul harus ada. Ini super strategis, tapi siapa yang berani jadi fasilitator??? Salam: Tjahjokartiko SI 76

Anonim mengatakan...

apakah IA-ITB memiliki kepedulian atau program pengembangan diri atau peningkatan EQ bagi para alumni. Seperti kita ketahui, EQ memegang peranan sangat penting dalam kehidupan kita sebagaimana disebutkan oleh Daniel Goleman dalam bukunya Emotional Intelligence.

Saya melihat banyak sekali alumni ITB yang kaku dalam bergaul, kaku dalam bernegosiasi baik pekerjaan maupun dalam bisnis.

terima kasih, Eep, Fisika 91

Anonim mengatakan...

Selamat atas pencalonannya pak!
Semoga Sukses.

Sekiranya Bapak berminat untuk melakukan kampanye di IA ITB Kaltim, Kami siap memfasilitasi.

Rencana Sosialisasi Calon Ketua IA ITB di Area Kaltim, tgl 2-3 November 2007 di Balikpapan dan Bontang.

Silahkan menghubungi Panitia/KPUD Kaltim. Untuk keterangan lanjutan.

Ary Retmonno (aretmono@chevron.com)
M Ruslailang Noertika (muhammadrn@chevron.com)
Dewi Restuti (dewi.restuti@chevron.com)

Website/Blog IA ITB Kaltim:
http://alumniitbkaltim.wordpress.com/

Anonim mengatakan...

(MAAF, Gendernya Salah, bu)

Selamat atas pencalonannya Bu!
Semoga Sukses.

Sekiranya Ibu berminat untuk melakukan kampanye di IA ITB Kaltim, Kami siap memfasilitasi.

Rencana Sosialisasi Calon Ketua IA ITB di Area Kaltim, tgl 2-3 November 2007 di Balikpapan dan Bontang.

Silahkan menghubungi Panitia/KPUD Kaltim. Untuk keterangan lanjutan.

Ary Retmonno (aretmono@chevron.com)
M Ruslailang Noertika (muhammadrn@chevron.com)
Dewi Restuti (dewi.restuti@chevron.com)

Website/Blog IA ITB Kaltim:
http://alumniitbkaltim.wordpress.com/

Ully mengatakan...

Halo Bu Betti. Perkenalkan, nama saya Ully (Nuzulia), alumni Fisika angkatan 91 (temannya Andrianto, Iman dan Fuad :D. Lumayan akrab juga, karena dulu pernah sama-sama aktif di himafi).

Terus terang saya salut dengan kiprah ibu. Dengan kesibukan yang begitu padat, ibu masih punya waktu untuk melakukan aksi sosial. Sementara saya, dengan kesibukan sebagai ibu dengan dua anak batuta dan pekerjaan part-time yang saya kerjakan di rumah, sepertinya sulit sekali mencari waktu luang.

Tapi sebenarnya saya ingin sekali turun langsung dalam kegiatan sosial. Saya ingin memberikan sumbangsih pada masyarakat, walaupun mungkin kecil sekali. Karena itu, terlepas dari menang-kalahnya ibu Betti, seandainya ada rencana akan mengadakan aksi sosial dan butuh bantuan, tolong hubungi saya (Andrianto punya contact number saya). Insya Allah saya akan dengan senang hati membantu. Salam manis, Ully Fi'91