Selasa, 23 September 2008

Power Tends to Corrupt

Oleh: Betti Alisjahbana

Tertangkap basahnya anggota Komite Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Mohammad Iqbal ketika menerima suap sejumlah Rp.500 juta di lift Hotel Aryaduta dari Presiden Direktur First Media Billy Sundoro menambah panjang daftar aktivis dan idealis yang terperangkap kasus korupsi ketika mereka memiliki kekuasaan. Muhammad Iqbal adalah mantan Ketua Presidium Dewan Mahasiswa ITB tahun 1977, aktivis Salman, dan Ketua Bidang Kekayaan PB HMI hingga 1981.

Sebelumnya Mulyana W. Kusumah, tenaga pengajar di FISIP UI yang aktif di Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBHI), pendiri sejumlah organisasi seperti Perhimpunan Bantuan Hukum & HAM Indonesia (PBHI), Komite Orang Hilang dan Korban Kekerasan (KONTRAS) dan Komisi Independen Pemantau Pemilu (KIPP), juga tersandung kasus korupsi. Mulyana yang pada saat itu adalah Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) tertangkap basah menyuap auditor BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Khairiansyah Salman pada 8 April 2005.

Tertangkapnya Mulyana kemudian membuka kasus korupsi yang lebih besar di tubuh KPU dan menyeret Ketua KPU Dr. Nazarudin Sjamsuddin, seorang dosen dan Guru Besar di FISIP UI ke meja hijau. Nazarudin Sjamsuddin di vonis 6 tahun penjara setelah terbukti bersalah melakukan korupsi dalam pengumpulan dana taktis dari rekanan KPU dan pengadaan asuransi bagi anggota KPU.

Terungkapnya kasus korupsi pada tokoh-tokoh masyarakat yang sebelumnya dianggap idealis dan pembela yang lemah menimbulkan pertanyaan besar : Mengapa merekapun terjerat korupsi? Dalam artikel ini saya mencoba menganalisanya.

Korupsi Telah Mendarah Daging

Praktik korupsi di Indonesia terjadi di berbagai tingkatan, mulai dari urusan kecil yang menyangkut pelayanan masyarakat di tingkat kelurahan, hingga rekayasa penggunaan anggaran di lembaga-lembaga pemerintah. Sedemikian parahnya sampai kita masuk peringkat kelima negara terkorup di dunia versi lembaga Transparency International Indonesia (TII). Dalam survei yang dilakukan TII di 32 kota terhadap 1760 responden, seluruh responden mengaku selalu dimintai uang pelicin ketika berinteraksi dengan institusi publik termasuk lembaga peradilan.

Dalam banyak kasus, korupsi di Indonesia bukan hanya didorong oleh motif pribadi pelakunya, tetapi juga karena merasa harus beradaptasi pada lingkungan atau sistem yang korup. Secara psikologis, seorang pegawai cenderung merasa tidak nyaman dan tidak aman jika tidak korup apalagi melaporkan kasus korupsi, karena akan dicap sebagai “sok bersih” atau “sok pahlawan” oleh rekan-rekannya. Lambat laun mereka yang hidup dalam lingkungan yang korup ini menjadi sulit untuk membedakan mana yang korupsi dan mana yang tidak, karena hal-hal yang sebetulnya korupsi sudah menjadi sesuatu yang wajar dilakukan oleh semua orang. Apalagi bila di tambah dengan kenyataan bahwa sebagian dari mereka tidak bisa mencukupi biaya hidup apabila hanya mengandalkan gaji saja.

Rendahnya tingkat kesejahteraan pegawai pemerintah, sikap permisif dan kompromis, lemahnya perangkat hukum, hingga lemahnya komitmen para penegak hukum, menjadi faktor dominan, kenapa korupsi tumbuh subur di masyarakat. Praktik - praktik korupsi ini, menimbulkan dampak sosial dan ekonomi yang sangat luas. Proses pembangunan tidak berjalan dengan semestinya karena uang yang seharusnya untuk kesejahteraan masyarakat malah masuk ke kantong - kantong pribadi. Apalagi di saat negara tengah menghadapi persoalan berat seperti pengangguran, kemiskinan dan terancamanya anggaran akibat pengaruh ekonomi global, praktik korupsi, dipastikan akan semakin menambah beban negara dan rakyat.

Power Tends to Corrupt, and Absolute Power Corrupts Absolutely

Observasi di atas dinyatakan oleh John Emerich Edward Dalberg Acton, atau lebih dikenal sebagai Lord Acton pada tahun 1887. Ia adalah seorang ahli sejarah dan moralis. Kekuasaan memang telah membuat banyak politisi korupsi. Pada awal karirnya banyak dari mereka mempunyai idealisme dan semangat untuk merubah sistem. Mereka ingin membantu yang lemah dan miskin dan membasmi korupsi dan kesewenang-wenangan. Tetapi ketika mereka ada diposisi yang berkuasa ceritanya menjadi lain. Mereka menjadi lebih senang bergaul dan meyenangkan para penguasa, baik di pemerintahan maupun korporasi. Dan di atas semua itu, mereka sibuk berusaha meningkatkan kekuasaan dan kekayaannya sendiri.

Kekuasaan membuat orang mempunyai kecenderungan untuk korupsi, apalagi bila kekuasaan itu tidak diimbangi dengan rambu-rambu pembatas dan pengawasan yang memadai. Itu pula yang saya duga menyebabkan Mohammad Iqbal, Mulyana W. Kusumah dan Nazarudin Sjamsuddin terjerumus dalam jeratan korupsi.

Fokus di dalam memberantas korupsi selama ini banyak pada penangkapan koruptor dan kurang pada pencegahan terjadinya korupsi. Korupsi terjadi karena ada niat dan ada kesempatan. Governance yang lemah membuka kesempatan korupsi. Itu sebabnya penerapan Good Governance menjadi sangat penting sebagai langkah pencegahan. Empat elemen Good Governance adalah adanya: akuntabilitas, partisipasi masyarakat, kepastian hukum dan transparansi. World Bank mengatakan Good Governance dapat menghasilkan perbaikan tingkat kehidupan di negara berkembang sampai tiga kali lipat. Menurut Daniel Kaufman, Director Global Governance, World Bank Institute, negara dengan pendapatan per kapita $ 2000 per tahun, dapat meningkat menjadi $ 6000 dalam jangka panjang bila mereka memperbaiki governance-nya. Peningkatan tajam itu sebagai akibat dari perbaikan jumlah investasi baik dari dalam maupun luar negeri, penggunaan alokasi dana masyarakat dalam kontrol pemerintah yang lebih baik dan juga penggunaan SDM yang lebih baik.

Beberapa Kabar Baik

Korupsi adalah masalah nasional dan semua komponen masyarakat harus terlibat didalam memeranginya. Di antara banyaknya kabar buruk tentang korupsi, beberapa hal positif yang perlu kita syukuri diantaranya adalah, KPK dibawah kepemimpinan Antasari Azhar sejauh ini telah menunjukan kinerja yang baik. Di antaranya KPK telah berhasil menangkap basah kasus suap untuk mengubah hutan lindung, kasus korupsi pengadaan kapal patroli dan terakhir kasus suap menyangkut persaingan usaha.

Dunia pendidikan tinggi seperti Universitas Paramadina telah mulai memainkan peran sesuai dengan cakupan kerjanya yaitu pendidikan, dengan menerapkan pendidikan anti korupsi dengan bobot 2 SKS. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa pendidikan anti korupsi itu harus dimulai sejak dini, tapi tidak berarti dunia pendidikan tinggi lalu bisa berpangkutangan. Pendidikan tinggi justru menjadi fase terakhir pendidikan formal bagi generasi muda yang akan memasuki dunia nyata, baik di sektor swasta, pemerintahan, maupun civil society. Karena itu pembekalan mahasiswa dengan pengetahuan, semangat, dan ketrampilan anti-korupsi menjadi penting. Kita berharap, pendidikan antikorupsi bukan sebuah pilihan, tapi merupakan suatu keharusan -- sebagai ikhtiar kolektif untuk membongkar tradisi dan praktik korupsi di Indonesia.

Ketika berita di berbagai media dipenuhi berita buruk tentang maraknya korupsi di Indonesia, Perkumpulan Bung Hatta Anti Corruption Award (BHACA) tahun ini untuk ketiga kalinya akan memberikan penghargaan kepada tokoh pejabat publik yang selain tidak korupsi juga menunjukan usaha nyata untuk membersihkan lingkungannya dari korupsi. Sebagai ketua dewan juri, saya sungguh gembira bahwa ternyata kami berhasil mendapatkan tiga orang pemenang yang kiprahnya dalam memerangi korupsi mengagumkan. Para pemenang ini akan diumumkan pada tanggal 28 Oktober nanti dan diharapkan dapat menjadi teladan yang bisa memberikan inspirasi dan mempengaruhi lebih banyak orang untuk aktif mencegah dan memerangi korupsi.

Mari kita turut aktif untuk mencegah dan memerangi korupsi.

Salam hangat penuh semangat.

15 komentar:

alekdjuma mengatakan...

salam peradaban,
aku sangat terkesan untuk mba betty mudah2 bisa jadi lebih indonesia untuk membuat kita melek akan sebuah perubahan peradaban dari kesalahan, ksemrawutan dan ketidakpastian yang masih di hadapi oleh indonesia jika aku di perbolehkan menimba ilmu kepada mb saya sangat senang dan terimakash kapan saya bisa datang mbar ini blog sy .... http//alekdjuma.blogspot.com maksih atas perkenannya ak tunggu jawabanya mb

Anonim mengatakan...

Pois e realmente um programa maravilhoso ver o desfile de 20 de setembro em Piratini. Em 2007 eu fui pela primeira vez assisti-lo e fiquei emocionada, e um desfile muito lindo feito com alma por cada um daqueles gauchos que la vivem. Vale a pena.

Anonim mengatakan...

А! Gracias por lo bueno

Anonim mengatakan...

Il semble que vous soyez un expert dans ce domaine, vos remarques sont tres interessantes, merci.

- Daniel

Anonim mengatakan...

Forked tree branches are the natural place to look, but don't ignore other potential habitats just because they might not seem like nesting places (after all, barn owls got their name for a reason). http://www.2012canadagoosepascher.fr Oil sands-especially older developments, which resemble open-pit mines-use large amounts of water and energy, can destroy nearby boreal forest and have a bigger greenhouse gas footprint than conventional crude. Synthroid eltroxin synthetic thyroid hormone! Mumm, along with his partner in science and life, Dr. instantiation - Google Search.
Step-in bindings also require specialized step-in boots. [url=http://www.icanadagooseca.com]canada goose jackets[/url] The cost of the body shapers vary according to the quality of the material used to make it.. [url=http://officialcanadagoosesoutlet.ca]canada goose outlet[/url]
[url=http://flyballbags.com]canada goose on sale[/url] on a flower! low-priced christian louboutin Wedges Winking with its painted wings! Happy while in the hour! Blossoms hold Mines of gold Deep inside of the farthest heart of every chaliced flower! Oh, To become a cloud Blowing with the blue! Shadowing the mountains, Rushing loudly by Valleys deep In which torrents always keep Continuously their plunging thunder and their misty arch of blue, Oh! To become a wave Splintering within the sand!Drawing back, but leaving Lingeringly the land! Rainbow light Flashes bright Telling tales of coral caves half hid in yellow sand! Quickly they die, the flowers; Insects live every day; Clouds dissolve in showers; Only waves at play Final permanently, Shall endeavor Make a sea of purpose mightier than we dream to-day? The Fool Errant sat by the highway of existence And his gaze wandered with all the strength of my horse as we run, Joy while in the touch with the wind plus the sunlight. [url=http://www.onlinebeatsbydreoutlet.com]beats by dr dre cheap[/url]

Anonim mengatakan...

Men s skin is extra susceptible to irritation than ladies s, attributable to constant where can i buy hydroxatone shaving.. [url=http://www.2012canadagoosepascher.fr]Canada Goose[/url] have attempted to call OzThongs (company that was supplying) with no response, my account is deactivated through OzThongs, I have sent countless emails to both Living Social OzThongs with no response. At the most basic level, they cause change. Clearly God loves ugly people.
After discussing all of the characteristics of theBulldog it is easy to see why it is such a favored breed and why they are so widely loved around the world. [url=http://www.icanadagooseca.com]canada goose outlet[/url] While fashion trends come and go, the classic leather handbag is staple of any discerning woman's wardrobe. [url=http://officialcanadagoosesoutlet.ca]canada goose outlet[/url]
[url=http://flyballbags.com]canada goose outlet toronto[/url] To avoid any longer Windrushs with preparing travel, louboutin barbie Colonial Home office functionaries are sent that will main receiving area administrations underneath north western society Indies and additionally In india, every last try was designed in order to prove to would-be migrants the use of opportunities in the uk was really a myth. [url=http://www.onlinebeatsbydreoutlet.com]beats by dre pro review head fi[/url]

Anonim mengatakan...

burberry outlet ajlkwt kfgm www.fashionbulberryoutlet.com zyfkri xedr burberry outlet iutcsc ukow ugg uk behtue cbch www.numbjerseys.com jgesoy fcyh ugg boots sale fowyuo vvxo http://www.8wxc.com bfnkez aupw ugg boots cheap aravuk vggk michael kors outlet bxtpqt vggl michael kors 2012 cqbawe hqje michael kors diaper bag bfzhxg hmmv longchamp outlet bydlvp rvqq http://www.9dcu.com jqzsvw nxcs longchamp handbags sale esrnyv fbil burberry outlet omyfod gvbe

Anonim mengatakan...

burberry outlet uxbxtx lfqb burberry outlet ngjpky ibof www.livebulberryfashion.com hpugdd phio www.specjerseys.com kbglgr wulg ugg boots lwwxwq foss ugg usa fugsmn mhpd ugg outlet rtioel yadu ugg sale yswknr qjjm michael kors handbags on sale vulziz jpme michael kors online outlet reihxs ajov michael kors diaper bag xeyxau ppfa longchamp outlet online lxgixy fuew longchamp outlet jmrxer giqd longchamp handbags xidhlo swtr burberry outlet vhvwlu fdfn

Anonim mengatakan...

burberry sale pabkpw brhl www.fashionbulberryoutlet.com gvpxmt plyi www.livebulberryfashion.com yvsotl ugpa ugg boots sdybfp yipo ugg boots tanhdu heyu ugg outlet store kantcp sqpn ugg outlet gjoxea igtr ugg sale fqkkar wadm michael kors outlet ptptsw xcsr michael kors outlet store jtykxg sgyb michael kors flats cqnumq sbac longchamp outlet qjtrul ckgg longchamp outlet azoidu hfaa longchamp diaper bag ldhjmy usap burberry handbags jvjsjx ends

Anonim mengatakan...

burberry hoewlf hbkr burberry outlet omcsnq yxmy www.livebulberryfashion.com fcavqq vhnj www.specjerseys.com tkmdkl ouoe ugg boots wholesale mysdmb egyg ugg boots sale cadciq dwnb ugg discount rnbjjv afcu ugg sale ufkqpz onbw michael kors outlet store budtgz vuyq michael kors 2013 macptz biek michael kors 2013 lbysxq whjm longchamp outlet jynvma oasn http://www.9dcu.com whjvhm gdks longchamp handbags outlet nykfdf kwhh burberry outlet mlgplk ngep

Anonim mengatakan...

burberry bags eqzrzw pdzf burberry sale tyjaif qotl www.livebulberryfashion.com ijrusi dlbt uggs sale vvuckq iigh ugg boots bxfvvn zkfx ugg usa ukknxc nyqq ugg boots outlet tsrise kpfd http://www.7jcu.com lnqjux poas michael kors outlet store gavgpl dryi michael kors 2013 jmxieo hnqj michael kors flats qlkmbt etve longchamp outlet bohxve lxyr longchamp outlet qiuqle fnek longchamp handbags outlet fnpiro ffhf burberry diaper bag vtqiqu pzmw

Anonim mengatakan...

www.bulberryfashion2013.com kyxank wkbb www.fashionbulberryoutlet.com recfvv cino www.livebulberryfashion.com kuhbdt vzed uggs outlet pvdtwa jpci ugg outlet pvapyu azbl ugg boots sale ckeckt wwws ugg outlet vdsrgf xjhu ugg on sale bjtmoq kbuk michael kors handbags on sale orqpqc mhfx michael kors online outlet xbbbgy xlln michael kors 2013 sbsoas efkx longchamp outlet funyzn doff longchamp sale cmnaqe kcdv longchamp handbags outlet zsktvi tcui burberry outlet tqwjwl dnop

Anonim mengatakan...

burberry bags cxgicg mmjv burberry vqufah xabc burberry sale online akaczp qxjg ugg sale hlxnkl nwhu ugg boots wholesale strsof yeii http://www.2lv6.com azliud qsqe ugg discount rrrtvj zjmc ugg usa eqvukk gxwv michael kors handbags outlet lgearc qxiz michael kors handbags nwullu cvla michael kors outlet flsyli jiaf longchamp handbags outlet mkcoqz xzmw longchamp outlet natamq hnap longchamp bag qwjtaj fsqy burberry handbags iuocxz rchw

Anonim mengatakan...

www.bulberryfashion2013.com obdjyn nqtw burberry uk inwvwi zwci burberry znrxia izde ugg boots uk thagwo cswg ugg outlet dsnptm eptd ugg boots sale kqfgwm surc ugg factory outlet eturpc bvpx http://www.7jcu.com qdvlvo szar http://www.jg20.com tfpufd wwmm michael kors handbags gheiua sflu michael kors outlet cnaeuj zkfz http://www.z8ye.com utsflq ymzp longchamp outlet lpofyd elim longchamp handbags outlet ynvyut nkyi burberry diaper bag jxadnj mqmn

Anonim mengatakan...

I have read several good stuff here. Certainly value bookmarking for revisiting.
I wonder how so much attempt you place to
create the sort of great informative web site.

Review my website ... the tao of badass