Minggu, 13 April 2008

Apakah Anda Sudah Miliki Kompetensi Dasar untuk Sukses Dunia Kerja?

Oleh: Betti Alisjahbana

Dalam beberapa sesi mentoring, pertanyaan sejenis ini kerap diajukan : “ Waktu sekolah saya jauh lebih pandai dari dia, tapi kenapa dia sekarang jauh lebih sukses ?”

Lalu ketika pengumuman promosi baru, terdengar celetukan, ” Kenapa dia yang naik ke posisi itu, padahal dia kan masih muda dan pengalamannya belum sebanyak yang lain di bidang itu?” Celetukan itu kemudian berkembang menjadi kecurigaan akan kemungkinan adanya pilih kasih. Benarkah demikian ?

Seringkali kita berpikir modal utama untuk sukses adalah ilmu yang tinggi dibidang yang kita tangani. Ilmu pengetahuan dan keterampilan memang penting, tapi di luar itu, masih ada lagi yang sangat penting yang diperlukan untuk sukses. Kami menyebutnya kompetensi. Kompetensi didefinisikan sebagai aspek-aspek pribadi dari seorang pekerja yang memungkinkannya mencapai kinerja yang superior.

Kompetensi adalah kombinasi dari 3 hal yang sama penting, yaitu Ilmu Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap. Berdasarkan pengamatan, ada 8 kompetensi dasar yang dibutuhkan untuk sukses di dunia kerja. Kedelapan kompetensi tersebut adalah sebagai berikut :
  • Kemampuan beradaptasi
Fleksibel dalam menghadapi berbagai situasi. Dapat tetap fokus meskipun dihadapkan pada ketidak pastian, dan permintaan yang saling bersebrangan.
  • Kemampuan Melayani Klien
Mengerti kebutuhan dan bisnis klien ( baik klien internal maupun external), bisa melihat kebutuhan dan tujuan klien dari kacamata mereka, bisa membangun hubungan baik dan mendukung sukses mereka.
  • Komunikasi
Bicara dan menulis dengan jelas, lugas dan kredibel. Mampu mendengar dan mengerti pihak lain dengan baik. Bisa menyesuaikan gaya berkomunikasi sesuai situasi dan lawan bicara.
  • Kemampuan Memecahkan Masalah Dengan Kreatif
Menerapkan cara yang logis dalam memecahkan masalah. Mengumpulkan fakta-fakta, melakukan analisa, mengantisipasi potensi masalah, mempertimbangkan berbagai alternatif solusi kreatif dan menentukan solusi yang terbaik.
  • Kemampuan untuk bekerja dalam team dan berkolaborasi
Bekerja dan berkolaborasi secara efektif dengan team didalam dan diluar organisasi, menghargai perbedaan dan mencapai solusi yang ”win-win”
  • Bisa dipercaya
Menunjukkan integritas dan profesionalisme dalam berhubungan dengan setiap orang.
  • Bertanggung Jawab
Bertanggung jawab atas tugas-tugas dan keputusan yang diambilnya, terlepas hasilnya baik maupun buruk.
  • Dorongan Untuk Berprestasi
Mencapai tujuan yang menantang, mencari cara untuk senantiasa memperbaiki hasil akhir, secara konsiten mengatasi rintangan-rintangan dan membuahkan hasil yang berkualitas tinggi. Selalu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan.

Sudahkah Anda memiliki semua kompetensi di atas? Bila ada hal-hal yang masih menjadi kelemahan, tadai dan mulailah mempelajari dan melatihnya. Dengan delapan kompetensi di atas, perkembangan karir Anda akan lebih pesat.

Selamat meningkatkan kompetensi dasar.

Salam hangat penuh semangat,
Betti Alisjahbana

Tanya jawab topik ini bisa dilihat di www.qbheadlines.com, rubrik Career.

Tidak ada komentar: