Minggu, 13 April 2008

Manfaat Jejaring dan Cara Membangunnya

Oleh : Betti Alisjahbana

Para pemimpin yang sukses bisa melihat peluang dan tau siapa yang perlu diajak bekerja sama untuk merealisasikannya. Kemampuan ini timbul dari ketrampilan membangun jejaring strategis.

Membangun kontak pribadi yang akan memberikan dukungan, masukan, insight, informasi dan sumber daya, adalah kemampuan yang perlu dibangun oleh semua pemimpin. Kemampuan membangun jejaring seringkali bukan masalah yang mudah bagi para manager yang sebelumnya meniti karir dari bawah dan mengandalkan kemampuan teknis dipekerjaannya. Ketika mereka diberikan tantangan dan tanggung jawab yang lebih besar tidak semua manager segera menangkap bahwa tanggung jawab ini menuntut kemampuan membangun relasi di atas kemampuan analitis.

Tiga Jenis Jejaring

Berdasarkan observasi, ada tiga jenis jejaring yang berbeda tapi saling berhubungan yaitu :

  • Jejaring Operasional, dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan internal saat ini.

Anda harus membangun hubungan kerja yang baik dengan semua pihak yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan. Termasuk dalam network operasional ini adalah semua anggota tim kerja, sesama kolega di kantor, semua tim internal yang mempunyai kemampuan untuk mendukung atau menggagalkan pekerjaan. Pihak luar seperti pemasok, distributor dan pelanggan termasuk juga dalam jejaring operasional. Tujuan jejaring ini adalah untuk koordinasi dan kerjasama antara semua pihak yang harus saling mengenal dan saling percaya agar dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

  • Jejaring Personal, diperlukan untuk pengembangan diri.

Melalui asosiasi profesi, ikatan alumni dan berbagai perkumpulan, Anda dapat memperoleh perspektif baru yang dapat membantu untuk meningkatkan karir. Kontak yang dibangun dapat memberi referensi, informasi dan seringkali pengembangan diri melalui coaching dan mentoring.

Datang ke pertemuan sosial yang tepat dapat membantu membangun jejaring personal ini. Agar efektif, disarankan sebelum menghadiri pertemuan, tanyakan siapa saja yang akan hadir dan lakukan riset kecil tentang latar belakang mereka yang hadir sehingga Anda dapat mempersiapkan diri untuk memulai suatu pembicaraan. Menurut prinsip six degrees separation, kontak personal kita sangat berharga dalam menjangkau orang yang memiliki informasi yang kita butuhkan secepat mungkin.

  • Jejaring Strategis, membuka mata Anda pada arah bisnis baru dan para pemangku kepentingan yang perlu dilibatkan.

Ketika Anda naik ke posisi pimpinan suatu unit bisnis, Anda harus mulai memperhatikan masalah strategis yang lebih luas. Relasi lateral dan vertikal dengan pimpinan unit bisnis lain dan pihak-pihak diluar unit bisnis Anda menjadi sangat penting untuk mengetahui bagaimana unit bisnis yang Anda pimpin memberikan kontribusi dalam konteks yang lebih besar. Jejaring strategis adalah relasi dan sumber informasi yang memberikan kekuatan pada Anda untuk mencapai tujuan pribadi dan organisasi kedepan.

Yang membedakan para pemimpin dari para manager adalah kemampuan mereka untuk menentukan arah kedepan serta kemampuan melibatkan pihak-pihak yang dibutuhkan untuk sampai kesana. Karenanya jejaringnya pun perlu diarahkan keluar dan ke arah masa depan. Kebanyakan orang belum memanfaatkan jejaring strategis ini dengan baik.

Langkah-langkah Membangun Jejaring

Dari berbagai diskusi dengan para manager, saya sering mendengar komentar, ”Okay, saya mengerti sekarang bahwa network itu penting, tapi pekerjaan saya saja sudah sangat memakan waktu, tidak ada waktu lagi untuk membangun jejaring”. Beberapa orang bahkan berpendapat memanfaatkan jejaring untuk mencapai hasil tertentu adalah salah satu bentuk KKN.

Apabila Anda tidak menganggap membangun jejaring sebagai bagian yang penting dari pekerjaan Anda, maka Anda tidak akan mengalokasikan waktu dan tenaga untuk itu. Menganggap jejaring sebagai bagian penting dari pekerjaan Anda adalah langkah awal utama untuk membangun jejaring.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membangun jejaring :

  • Alokasi ulang waktu Anda, alokasikan waktu untuk membangun jejaring.
  • Mulailah membangun jejaring sekarang.
  • Peliharalah jejaring, makan waktu sampai jejaring bisa memberikan manfaat.
  • Cari kesempatan untuk memberi dan menerima dalam jejaring yang sudah dibangun.
  • Bukan hanya jumlah jejaring yang menentukan, kualitas hubungan sangat penting.

Hal-hal berikut ini mempengaruhi kualitas jejaring :

  • Pertemuan yang cukup teratur.
  • Kedua pihak mendapat manfaat.
  • Adanya tantangan yang dihadapi bersama.
  • Saling percaya.
  • Hubungan yang personal.
  • Kenangan masa lalu bersama
  • Adanya musuh bersama.

Membangun Jejaring Adalah Ketrampilan yang Perlu Dilatih

Membangun jejaring lebih ditentukan oleh kemauan daripada bakat. Ketika usaha awal untuk membangun jejaring gagal, beberapa orang cepat menyimpulkan bahwa membangun jejaring bukan termasuk bakatnya. Tetapi, membangun jejaring bukanlah bakat, juga bukan sesuatu yang membutuhkan kepribadian ekstrovet yang luar biasa. Membangun jejaring adalah ketrampilan yang perlu dilatih. Saya sering melihat mereka yang meluangkan waktu dan usaha untuk membangun jejaring bukan hanya dapat mempelajari bagaimana membangun jejaring tetapi juga menikmatinya. Mereka biasanya lebih sukses dalam karirnya dibanding mereka yang gagal memanfaatkan hubungan external atau ngotot mendefinisikan lingkup pekerjaannya secara sempit.

Mereka yang meluangkan waktu dan tenaga untuk membangun jejaring bukan hanya lebih pandai membangun jejaring tetapi juga menikmatinya. Mereka biasanya lebih sukses dalam karirnya dibanding mereka yang gagal memanfaatkan jejaring external atau ngotot mendefinisikan lingkup pekerjaannya secara sempi


Sumber : Harvard Business Review-How Leaders Create and Use Network, by Hermina Ibarra and Mark Hunter.

Foto:http://blog.imedexchange.com/

Tanya jawab topik ini bisa dilihat di www.qbheadlines.com, rubrik Career.

Tidak ada komentar: